300x250 AD TOP

Senin, 23 Desember 2013

Tagged under:

Google Meringkas Seluruh Kejadian Di Tahun 2013






Beberapa minggu lagi, tahun 2013 akan segera berakhir dan digantikan oleh tahun 2014. Banyak kejadian-kejadian yang terjadi di Indonesia dan juga di dunia selama tahun 2013. Media televisi atau surat kabar Indonesia biasanya menayangkan ringkasan kejadian di Indonesia selama setahun pada akhir tahun. Bagaimana dengan kejadian di Internet?

Selama hampir setahun ini anda mungkin akan lupa kejadian-kejadian yang sangat populer di internet bulan lalu tetapi Google Google meringkas kejadian besar di Internet selama setahun ini, dinamakan Google Zeitgeist.

Dilayanan Google Zeitgeist, Google merangkum semua data pencariannya; memilih pencarian populer; dan memisahkan data-data yang tidak relevan seperti spam, data yang mirip, maupun pencarian yang tidak terjadi di tahun 2013. Menurut Google, ada  sekitar 1,2 trilyun query penelusuran dan dalam 146 bahasa yang dianalisis. Data-data ini diambil diambil dari layanan Google Trends dan alat-alat internal Google.

Jadi, apa saja yang populer ditahun 2013? Blue Jeans Dialy bisa melihat video ringkasan kejadian selama tahun 2013 yang dirangkum oleh Google Zeitgeist :



Data yang lebih detail bisa dilihat di alamat http://www.google.com/zeitgeist/. Selain apa yang populer secara global,  melalui Google Zeitgeist juga dapat dilihat apa saja yang populer berdasarkan kategori dan negara. Dengan mudah kita bisa melihat apa saja yang populer di negara tertentu, termasuk Indonesia.


Mau tahu apa yang populer di Indonesia? Gambar diatas adalah screenshoot tentang pencarian populer di Indonesia. Dari data tersebut, bisa diketahui ternyata ‘Harlem Shake’ menjadi query penelusuran nomor satu; disusul grup band milik Momo, Geisha; Paul Walker; Coboy Junior; dan gubernur DKI Jakarta yang kini menjabat, Jokowi.

Untuk kategori telepon Samung Galaxy S4 menjadi nomor satu, disusul oleh Lumia, Iphone5, Blackberry Z10 dan Iphone 5S. Apakah telepon genggam Blue Jeans Dialy salah satu yang populer?  Sedangkan untuk kategori model mobil, ada satu hal yang menarik. Model mobil murah Agya menjadi tren yang banyak ditelusuri.

Jika penasaran, data-data populer di Indonesia yang lain  bisa Blue Jeans'er lihat di halaman Zeitgeist Indonesia.



0 komentar:

Posting Komentar